Club Cooee

exclusivemails.net
Latest News

White Balance

, Posted by Zi6 at 6:00 PM


White Balance adalah salah satu aspek dalam fotografi yang berfungsi untuk menyesuaikan keseimbangan warna agar mendapatkan gambar dengan warna seakurat mungkin sesuai dengan keinginan Anda.

Anda mungkin pernah mengalami dalam suatu kasus bahwa hasil dari bidikan (foto/gambar) yang anda ambil tidak sesuai dengan saat Anda melihatnya pada lubang view finder atau tidak sesuai saat melihatnya dengan mata telanjang, kadang hasil/gambar akan kelihatan lebih berwarna oranye, biru, kuning atau yang lainnya. Alasannya adalah bahwa gambar ketika diambil berasal dari sumber cahaya yang bervariasi (temperatur/suhu yang berbeda). Cahaya Flourescent akan menghasilkan gambar yang tampak kebiruan sedangkan cahaya Tungsten (incadescent/pijar) akan menghasilkan gambar yang tampak kekuningan.

Kita biasanya tidak memperhatikan perbedaan temperatur/suhu ini karena mata kita secara otomatis dapat menyesuaikan diri. Bagi kita apabila ada secarik kertas putih dan kita berada pada temperatur/suhu cahaya yang sangat ekstrim, maka kertas putih akan terlihat lebih putih, tetapi bagi kamera hal itu akan sangat berbeda karena kamera tidak memiliki kecerdasan untuk melakukan penyesuaian tersebut dengan kata lain kemampuan kamera terbatas maka kadang kita sendiri yang harus membantu menyesuaikannya.

Kamera digital yang berbeda memiliki cara yang berbeda pula untuk menyesuaikan White Balance, dan apabila kita menyesuaikannya lebih spesifik  lagi maka cara manuallah yang harus kita pilih.


Mengatur White Balance


Berikut ini adalah beberapa dasar pengaturan White Balance yang akan Anda temukan pada kamera:


Auto :                Pada mode ini kamera akan membuat perkiraan terbaik pada saat Anda membidik. Mode ini akan membantu Anda dalam banyak situasi, tetapi tidak akan berguna dalam pencahayaan yang rumit.


Tungsten :    Mode ini biasanya dilambangkan dengan bola lampu yang kecil dan digunakan untuk membidik didalam ruangan, disaat dalam cahaya Tungsten (incandescent contoh: bohlam pijar) biasanya digunakan untuk mereda warna dalam foto.


Flourescent :  Mode ini digunakan pada cahaya flourescent (contoh: lampu neon) dan akan membuat warna lebih hangat.


Daylight/Sunny :   Tidak semua kamera mempunyai mode pengaturan ini karena biasanya mode ini dikatakan mode normalnya White Balance.


Cloudy :           Mode ini digunakan untuk memberikan sentuhan yang lebih hangat dari pada mode Daylight/Sunny.


Flash :          Lampu kilat (flash) pada kamera dapat memberikan cahaya yang cukup dingin sehingga pada mode ini Anda akan memberikan sentuhan yang lebih hangat pada foto.


Shade :          Cahaya di keteduhan pada umumnya lebih dingin (lebih biru) daripada cahaya saat terkena matahari langsung jadi mode ini akan memberikan sentuhan yang lebih hangat sedikit pada foto.


Dalam kebanyakan kasus, Anda akan mendapatkan hasil yang cukup akurat menggunakan mode-mode White Balance di atas, tetapi sebagian kamera digital membutuhkan titik yang lebih tinggi dan mengharuskan untuk menyesuaikan White Balance secara manual.

Currently have 0 comments:

Leave a Reply

Post a Comment