Club Cooee

exclusivemails.net
Latest News

Prioritas Mode Aperture dan Shutter

, Posted by Zi6 at 7:00 PM


Prioritas mode Aperture dan Shutter pada dasarnya adalah mode semi otomatis, dimana kita bisa mengatur beberapa hal dan yang lainnya diatur otomatis oleh kamera, untuk memahami lebih mudah maka masing-masing harus dijelaskan secara terpisah.





Prioritas Mode Aperture (pada kamera biasanya diberi lambang ‘A‘ atau ‘Av‘)

Pada mode ini Anda dapat mengatur besaran Aperture yang Anda inginkan sedangkan kamera secara otomatis akan mengatur/menyesuaikan Shutter Speed sesuai dengan kondisi pada saat gambar diambil.

Kebanyakan orang mengunakan Prioritas Mode Aperture ini berkaitan dengan Dept Of Field (DOF) dimana mereka berusaha untuk memberikan sentuhan di Area ini, jika mereka menginginkan objek fokus yang kecil/dangkal maka Aperture yang besar yang akan dipilih (contoh: f/2), tetapi jika objek yang akan diambil ingin agar semua kelihatan fokus maka Aperture kecil yang dipilih dan dalam dua hal tersebut Shutter Speed akan menyesuaikan dan mengatur secara otomatis.



Prioritas Mode Shutter (pada kamera biasanya diberi lambang ‘S‘ atau ‘Tv‘)

Pada mode ini Anda dapat mengatur kecepatan Shutter Speed yang Anda inginkan sedangkan kamera secara otomatis akan mengatur/menyesuaikan besarnya Aperture sesuai dengan kondisi pada saat gambar diambil.

Kebanyakan orang mengunakan Prioritas Mode Shutter ini berkaitan dengan objek yang bergerak, misalnya membidik foto mobil balap dan menginginkan gambar benar-benar beku (freeze) dan tidak menginginkan ada gambar kabur (blur) maka mereka akan memilih Shutter Speed lebih cepat (misal: 1/2000) dan kamera secara otomatis akan mempertimbangkan seberapa banyak cahaya yang masuk serta menyesuaikan besarnya Aperture yang tepat. Tetapi sebaliknya jika dalam membidik mobil menginginkan ada beberapa gambar yang sengaja ingin dibuat tampak kabur (blur) maka biasanya akan dipilih Shutter Speed yang lebih lambat (misal: 1/125) dan kamera secara otomatis akan menyesuaikan Aperture yang lebih kecil.


Cara terbaik untuk memahami kedua Prioritas Mode tersebut adalah dengan sesering mungkin Anda mempraktekkannya, jangan khawatir jika pada awal Anda praktek akan mendapatkan hasil yang tidak sesuai dengan keinginan Anda karena ini membutuhkan waktu untuk memahaminya dan menemukan pengaturan-pengaturan yang sesuai dengan Anda.

Currently have 0 comments:

Leave a Reply

Post a Comment