Club Cooee

exclusivemails.net
Latest News

Dept Of Field

, Posted by Zi6 at 8:00 PM


Dept of Field (DOF) adalah area dimana pada foto baik di depan ataupun di belakang titik fokus utama yang tetap tajam (in focus). Dept of Field (DOF) dipengaruhi oleh Aperture, jarak subjek, focal length dan film/sensor.

Aperture besar (angka f-number kecil : f/2) memiliki tingkat DOF yang kecil, objek di depan atau di belakang titik fokus utama akan kelihatan kabur, sedangkan Aperture kecil (angka f-number besar: f/11) memiliki tingkat DOF yang lebih besar, objek di depan atau di belakang titik fokus utama akan kelihatan tajam.



  •  Tingkat DOF kecil = angka f-number kecil (ukuran Aperture besar)
  •  Tingkat DOF besar = angka f-number besar (ukuran Aperture kecil)
  •  Menggandakan Aperture keatas (f/4 menjadi f/2) akan mengurangi tingkat DOF (Dept Of Field) begitu juga sebaliknya menggandakan Aperture kebawah ( f/4 menjadi f/8) akan menambah tingkat DOF (Dept Of Field).


Ilustrasi gambar diatas saya buat agar mudah dipahami 






Lensa yang memiliki panjang fokus (focal length) yang pendek akan menghasilkan gambar dengan tingkat DOF yang lebih besar. Misalkan, sebuah lensa 28mm dengan Aperture f/5.6 akan menghasilkan foto dengan tingkat DOF yang lebih besar daripada lensa 70mm dengan Aperture yang sama f/5.6.

Beberapa gaya fotografi membutuhkan tingkat DOF yang besar (Aperture kecil atau angka f-number besar) biasanya untuk jenis fotografi landscape dimana semua objek yang tampak harus relatif fokus. Tetapi untuk fotografi portrait biasanya dibutuhkan tingkat DOF yang kecil dimana background akan dibuat kabur atau dengan kata lain objek utama dibuat lebih fokus sedangkan objek lain dibuat lebih kabur sehingga perhatian kita tertuju pada objek utama.

Menguasai seni eksposure membutuhkan banyak latihan, bahkan fotografer yang berpengalamanpun tetap sering berlatih apabila mereka pergi ke suatu tempat yang berbeda. Perlu dipahami bahwa merubah salah satu elemen akan memiliki dampak pada gambar.

Currently have 1 comments:

  1. Zi6 says:
    This comment has been removed by the author.

Leave a Reply

Post a Comment